Sunday, August 4, 2013

Cara Cepat Menghitung Umur dengan Excel

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم


Bagaimana cara menghitung umur? ah itu sih gampang. Tinggal kurangkan saja tanggal hari ini dengan tanggal lahirnya. Ketemu deh berapa umurnya.
Pertanyaan itu tidak gampang kalau umur yang harus dihitung ratusan atau ribuan. Bisa habis waktu berjam-jam untuk menyelesaikannya. Untuk memudahkan anda menghitung umur dalam jumlah banyak dapat dipakai aplikasi MS-Excel dengan menggunakan fungsi "=year(tanggal sekarang)-year(tanggal lahir)".
Agar memudahkan anda memahaminya, ikuti ilustrasi berikut ini:
1. Masukkan data tanggal lahir dengan cara penulisan Bahasa Inggris. Misalnya 01 December 1994, dari sel A4 sampai A7.
2. Kemudian blok sel tersebut dan ganti format sel yang sebelumnya "General" dengan "Date", caranya klik kanan pada sel yang telah di-blok, klik "Format Cells" > "Number". Ganti Category yang sebelumnya "General" dengan "Date". Tentukan locale (Location) yang diinginkan, misalnya "Indonesian" dengan type "14 Maret 2001". Klik "OK" untuk menyimpan perubahan.
3. Masukkan tanggal sekarang pada sel A3. Jangan lupa ubah format sel yang sebelumnya "General" menjadi "Date" seperti langkah ke-2.
4. Ganti format sel pada B4 sampai B7 dengan format "Number".
5. Ketik rumus =year($A$3)-year(A4) pada sel B4. Untuk tanggal sekarang diberi tanda $(penetap) karena tanggal sekarang akan dikurangi oleh semua sel (A4-A7).
6. Salin rumus dari B5 sampai B7.

Selamat mencoba.....



ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِين

No comments:

Post a Comment